aKU

aKU

Kamis, 28 Maret 2013

Crazy…crazy… skripsi!!!







aku tak pernah membayangkan kalau skripsi ternyata cukup rumit. Maaf pada mbak wek dan mbak yani karena dulu aku mengejek wajah kucel kalian yang tengah membuat skripsi. Sekarang aku sama dengan kalian. akh…

aku tidak mengeluh untuk masalah menulisnya dan apapun itu, tapi yang jadi masalah adalah ketika kau harus menyusun kajian pustaka. aku lemah dalam hal ini, menurutku itu bagian tersulit. aneh, padahal orang-orang bilang itu adalah bagian termudah. apa sulitnya membuka buku lalu menyalin sebagian atau semua atau terserahlah materi yang kau butuh. Hellow, itu hanya tentang memindahkannya, apa sulitnya?

Yeah, untukku itu menyiksa. Bukan apa-apa tapi masalahnya untuk menemukan literatur yang cocok dengan materi skripsiku sungguh sulit. Yip, kesalahan di awal tampaknya. Tapi semua sudah berjalan dan aku tahu aku harus menyelesaikan apa yang telah kumulai.

pantang menyerah sebelum tercapai tujuan!!” teriakku berulang-ulang, suntikan semangat tampaknya, dan itu benar-benar penting. Sungguh.
Hasilnya? Kini aku benar-benar jatuh cinta pada perpustakaan. hah, aku benar-benar merasa seperti kutu buku dalam arti yang sebenarnya. Tapi itu bagus, sangat bagus. Rasanya sudah lama aku kehilangan hasratku pada perpustakaan dan sekarang semua kembali. Hidup rasanya.yatta!!!

aku ingat dulu aku adalah kutu buku, dalam artian penggila buku. aku penghuni perpustakaan dari SD, SMP maupun SMa. aku benar-benar penggila buku dan membaca habis buku dengan tebal tiga ratus halaman ke atas dalam satu hari bukanlah hal yang menyiksa untukku. Tapi aku mulai kehilangan hasrat itu sejak perhatianku teralihkan pada gunung dan kegiatan organisasi di kampus kecilku. aku tidak menyesalinya, takkan pernah karena aku sangat bersyukur dengan apa yang aku lakukan hingga saat ini. Bahkan aku tidak menyangkal kalau pada dasarnya aku mulai sedikit alergi dengan bacaan tentang administrasi negara yang adalah bidangku saat ini.

aku terbiasa dan begitu tertarik pada buku-buku tentang sastra. Kau tahu, kahlil gibran, puisi, sajak, novel dan masih banyak lagi. Selain itu aku juga cinta mati pada sejarah, pada teknik-teknik perang, pada semangat-semangat yang diceritakan, pada kapal perang, pada kiseh-kisah para pahlawan. lalu fiksi, fantasi, komik bahkan aku adalah pecinta ensiklopedia, apapun kecuali yang berkaitan dengan politik negeri ini.
hasil hunting buku di perpus
Tapi disinilah aku, dengan skripsi, dengan bidang yang mengulik selalu tentang administrasi, birokrasi, politik lengkap dengan patologinya dan aku merasa muak. awalnya. Tapi alam dan berbagai perjalanan menjadi semacam obat untukku. Dan sekarang, ketika aku mulai mengerjakan skripsiku, aku merasa gila. Im crazy now!

Sepertinya aku mulai berdamai dengan bidangku, bahkan kini aku begitu haus untuk mengulik negeri ini, aku merasakan hidup yang lain, aku mulai mencintai administrasi negara, negaraku. aku menemukan hal menarik dalam skripsi gilaku yang membuatku hampir gila, aku ingin menemukan obat untuk negeriku, aku ingin menjadi seseorang yang berguna mulai dari hal kecil, dari diriku sendiri.

Dari skripsi gilaku tentang miniatur kebobrokan negeri ini, aku ingin mulai dengan menemukan sebuah penyelesaian di dalamnya. My skripsi, make me crazy and I love it!!!
 

2 komentar:

  1. wekekeke,,semangat galuuuh sayang..ak juga lagi nyusun skripsi ini,,baru mulai bikin proposal tp bingung sma cara pengujian dataku..
    saling mendoakan y temanku sayang..smga semua cita cita yang kita bisikkan di setiap doa dan shalat dikabulkan sama Allah..Amiiin :)

    BalasHapus
  2. lagi bkin skripsi yaa? wah buku referensi skripsinya sama. semangat! skripsi tuh yg penting dikerjain. hahaha....

    BalasHapus