aKU

aKU

Minggu, 30 September 2012

Blog, Dari Hobi Hingga Profesi

Sebagai sebuah jejaring sosial, blog mungkin tidak sepopuler facebook maupun twitter. Namun bagi penggunanya, blog menawarkan berbagai keuntungan dibanding jejaring sosial yang lain.
Awalnya blog merupakan jejaring sosial yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin mengekspresikan isi hati dan juga minatnya, sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, berbagi cerita dengan orang lain di seluruh penjuru dunia, bisa juga sebagai tempat, bahkan blog pun identik dengan sebutan online diary.
Namun seiring dengan perkembangan jaman, Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.
Saat ini blog mulai dilirik menjadi salah satu sosial media pilihan dan menjadi trend di seluruh dunia. Fenomena inilah yang menjadikan hobi yang satu ini menarik untuk dibicarakan dan dikenal lebih jauh lagi. Bukan tidak mungkin blog kita nantinya juga bisa meraih sukses seperti para bloger yang sudah terlebih dahulu mencapai kesuksesannya.
Kisah Sukses Para Bloger
Pepatah mengatakan, “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Hal itulah yang dikatakan oleh mayoritas bloger ketika ditanya tentang fenomena alih fungsi blog sebagai media apresiasi diri menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Dalam salah satu tulisan di blognya, Raditya Dika mengemukakan bahwa blog tidak hanya media curhat atau hobi semata, namun lebih jauh lagi  blog menjadi media profesi yang menjanjikan.
Berbicara mengenai bloger yang sukses maka seperti yang kita ketahui bahwa Raditya Dika merupakan seorang penulis novel bergenre komedi dan seorang stand up comedyyang sedang naik daun. Novel pertamanya yang bertajuk Kambing Jantan laris manis di pasaran dan telah dituangkan dalam sebuah film berjudul sama. Kambing Jantan merupakan kisah keseharian Raditya Dika yang ditulis dengan gaya lincah nan jenaka di dalam blognya. Kesuksesan Kambing Jantan diikuti dengan diluncurkannya novel-novel berikutnya seperti cinta brontosaurus, babi ngesot, Radikus makan kakus, marmut merah jambu  hingga yang terbaru  yaitu manusia setengah salmon. Itulah yang menjadikan bloger sebagai sebuah profesi  yang menyenangkan untuknya.
Selain Raditya Dika masih banyak bloger yang sukses meraup untung dan popularitas dari blog miliknya. Diantaranya ada Tavi Gevinson yang  melejit lewat blog fashion “Style Rooki” yang dimulainya sejak usianya 11 tahun. Popularitas Style Rooki-lah yang lalu membawa Tavi ke berbagai pagelaran fashion dan bertemu dengan berbagai desainer kelas dunia. Meski masih sangat muda namun selera fashion Tavi yang tinggi dalam blognya membuat banyak perancang busana meliriknya untuk dijadikan partner. Bahkan pada April 2011 lalu Tavi bersama rekannya Jane Pratt meluncurkan majalah pertama mereka, “fame” yang diilhami dari blognya.
Ada pula Erica Domesek lewat blog P.S. – I MADE THIS yang berisi langkah-langkah pembuatan aksesoris, perhiasan maupun langkah merombak barang bekas menjadi lebih berguna. Seperti Raditya Dika, P.S. –I MADE THIS telah dibukukan dan menjadi acuan para penggemar aksesoris untuk berkarya.
Kemudian ada Trinity. “Trinity” adalah nama pena yang digunakan oleh penikmat traveling ini. Ia sangat aktif menuliskan catatan perjalanannya di laman http://naked-traveler.com. Catatan perjalanannya itu banyak disukai oleh pembaca di Indonesia. Blog-nya pun banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Karena itu, Bentang Pustaka kemudian membukukan tulisan-tulisan Tribity di blognya itu menjadi buku berjudul “The Naked Traveler”. Dan, berbanding lurus dengan respon masyarakat atas blog-nya, blook-nya itu juga mendapat sambutan besar. Buku itu laris di pasaran dan menjadi bukubest seller. Hingga saat ini, 3 seri The Naked Traveler telah terbit. Kisahnya yang penuh inspirasi menjadi motivasi dan tuntunan tersendiri bagi para backpacker Indonesia.
Kemudian ada blog dengan penghasilan terbesar yaitu PerezHilton.com
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche entertainment dan mengusung tag line "Celebrity Juice, Not from Concentrate" ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan banner.Wow! Tidak heran jika kini blog menjadi sebuah trend.
Blog sebagai sebuah Trend
Kisah-kisah sukses para bloger di atas sedikit banyak mulai memunculkan blog sebagai sebuah trend baru. Jadi tidaklah heran jika ada begitu banyak kompetisi penulisan blog baik tingkat nasional maupun internasional yang dapat kita temui di internet. Bulan mei lalu tercatat ada 10 info lomba penulisan blog yang dapat di akses di www.infolomba.com .
Seperti halnya jenis hobi yang lain, blog pun memiliki komunitasnya sendiri. Sebut saja komunitas bloger Jember, bloger Jogja maupun Indonesian bloger yang aktif mengadakan kompetisi-kompetisi blog tingkat nasional. Meskipun mayoritas komunitas bloger yang ada berdasarkan daerahnya, namun tidak sedikit komunitas bloger yang disesuaikan dengan jenis blognya misalnya komunitas fashion bloger, traveling, fans club bloger dll.
Makin maraknya pengguna blog di indonesia pun tidak terlepas dari kemudahan yang ditawarkan dalam pembuatan dan pengolahan blog. Cukup dengan memiliki email kemudian masuk ke www.blogspot.com atau www.wordpress.com , lalu membuat akun blog dengan mendaftarkan diri dan mengisi laman identitas, kemudian mulai mengelola blog. Dengan memiliki akun blog sendiri, maka akan lebih mudah untuk masuk dalam komunitas blog yang ada. Selain itu blog juga memungkinkan kita untuk memposting tulisan atau gambar dengan jumlah yang lebih banyak serta mensharenya ke bloger yang lain. Namun demikian blog pun menawarkan privatisasi bagi yang menginginkannya.
Saat ini ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet dan masih akan terus bertambah selaras dengan perkembangan blog sendiri.
Menjadi Bloger yang Sukses
Cara Menjadi Blogger Sukses bukan hal yang mudah. Apalagi buat kita yang baru belajar ngeblog. Banyak sekali yang harus dilakukan suapaya blog kita sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Langkah awal untuk Menjadi Blogger Sukses perlu dilakukan mulai dari sebelum kita membuat sebuah blog. Diawali dengan memilih topik yang sesuai dengan apa yang kita bisa atau bidang apa yang kita geluti.  Kemudian buat konten yang isinya bermanfaat buat orang lain dan diri kita sendiri. Tapi lebih banyak ke orang lainnya. Diantaranya dengan berbagi tips dan trik, tips kesehatan, tips komputer, atau tips-tips lainnya. Melakukan evaluasi terhadap blog kita juga perlu untuk meningkatkan kualitas blog kita. Salah satunya yaitu dengan mengunjungi blog lain dan melakukan riset, terutama pada blog berpagerank tinggi dan sering muncul dihalaman satu google. Amati apa saja teknik dan trik yang diterapkan blog tersebut dan pelajari.
Dan yang terpenting, hindari sifat malas dan bosan. Hal tersebut menghambat kesuksesan pekerjaan kita. Teruslah berkarya dan tetap semangat. Pengorbanan waktu, dana, dan pikiran selalu dibutuhkan kalau ingin blog yang kita buat menjadi blog yang sukses dan terkenal. Langkah awal diatas mungkin kita sudah pernah membacanya, tapi belum pernah untuk mencobanya, maka dari itu coba dan tetap fokus pada rencana awal kita. Tetap semangat dan pantang menyerah, semoga kita berhasil dan sukses dalam nge blog.
Namun demikian meski blog kita sukses menjadi blog yang baik, namun untuk menjadi bloger yang sukses dalam artian sesungguhnya/ profesional bloger maka kita harus harus memahami langkah kerjanya. Ada banyak cara mendapatkan uang dengan membuat blog, tapi syarat utama  blog itu bisa menghasilkan uang adalah traffic atau lalu lintas pengunjung ke blog kita, semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita itu menandakan seberapa populernya blog kita di search engine,maka semakin baik juga page rank. Dengan semakin baik blog kita di mata search engine dan semakin banyak juga pengunjung yang datang ke blog kita maka semakin dekat kita dengan penghasilan yang akan kita dapatkan,jadi untuk menghasilkan uang alias duit maka blog yang kita buat harus di optimalkan agar cepat terindek di search engine 
Ada banyak cara menghasilkan uang dengan blog yang sudah terindek di search engine dan memiliki pengunjung yang tetap juga memiliki page rank di search engine.diantaranya dengan memasang advertesing atau iklan di google adsense. Kita bisa menawarkan produk yang dimiliki. Selain itu kita juga bisa menawarkan kepada pengunjung untuk beriklan di blog kita dan menjelaskan keuntungan yang akan mereka dapatkan bila beriklan di blog tersebut. Bisa juga dengan memasang donasi siapa tahu ada donatur yang mau memberikan penghargaannya dengan memberikan donasi secara suka rela. Dan bisa juga dengan menjual blog kita dengan lelang di e-bay atau site point, jadi seperti usaha properti, buat lalu jual. Mungkin masih banyak lagi keuntungan atau uang yang akan kita dapatkan bila blog kita memiliki statistik pengunjung yang banyak.
Nah bukankah menggeluti dunia blog adalah hal yang menarik dan menguntungkan? Meskipun harus diakui bahwa blog masih belum menjadi pilihan pertama dalam aktivitas internet, namun semoga bisa segera menjadi begitu.
Bagi yang belum memiliki blog, cobalah untuk menambah wawasan dengan bloging dan menjadi salah satu yang sukses didalamnya. Yang terpenting adalah bersabar, kreatif, dan aktif dan jadikan blog sebagai hobi barumu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar