aKU

aKU

Rabu, 02 Januari 2013

Pencapaian 2012

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan dan Kriteria Anggota DPR Masa Depan

KOPI, Jakarta – Ada awal, maka harus ada pula akhir. Kegiatan Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan dan Kriteria Anggota DPR Masa Depan, yang dimulai pada tanggal 1 Januari hingga 30 Juni 2012 telah berlangsung dengan baik dan lancar. Pengumuman hasil lomba ini dimaksudkan sebagai penuntasan akhir dari rangkaian panjang kegiatan lomba menulis tersebut.
Luar biasa, benar. Antusiasme rakyat Indonesia mengikuti Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan dan Kriteria Anggota DPR Masa Depan ini sungguh di luar perkiraan. Terdapat ribuan naskah lomba yang masuk, yang harus diseleksi dan dinilai, sehingga mengakibatkan para dewan juri bekerja keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menilai karya-karya terbaik dari masyarakat tersebut.
Jumlah yang amat luar biasa itu teramat sangat membanggakan bagi Panitia, terutama karena fenomena ini menunjukan bahwa ada antusiasme, kecintaan, dan nasionalisme rakyat Indonesia dari berbagai lapisan terhadap bangsa dan negaranya. Kecintaan tersebut diungkapkan melalui kepedulian mereka terhadap kondisi kepemimpinan bangsa saat ini dan harapan kepemimpinan nasional di masa mendatang. Jadilah ribuan artikel telah menjadi jembatan emas bagi rakyat dalam menyampaikan rasa dan asa mereka, juga mengungkapkan ide-ide cerdasnya dalam mewujudkan munculnya figur pemimpin nasional (presiden dan anggota DPR) yang ideal. Dewan Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) dan panitia lomba dengan senang hati menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para peserta. Sejatinya, Anda semua adalah pemenang dari lomba ini, karya dan pemikiran Anda akan menjadi masukan berarti bagi proses kemajuan bangsa Indonesia tercinta. PPWI secara tulus menyediakan Piagam Penghargaan bagi semua pengirim artikel.
Selanjutnya, berkaitan dengan penetapan pemenang lomba ini, perlu disampaikan beberapa hal penting sebagai berikut:
1. Dari sejumlah 1060 artikel yang masuk, dewan juri telah menilai sebanyak 1024 artikel yang memenuhi syarat, yang diberi nomor di setiap artikelnya. Artikel lainnya dianggap tidak memenuhi syarat karena berbagai hal, terutama disebabkan oleh keterlambatan pengiriman ke panitia.
2. Dari pembagian kelompok peserta yang awalnya 5 (lima) kategori akhirnya diputuskan hanya menjadi 4 (empat) kategori saja, yakni: Siswa (S), Mahasiswa (M), Guru/Dosen (G), dan Umum (U). Kategori satu lainnya yakni Penulis/Wartawan (P) ditiadakan karena jumlah peserta dari kategori ini sangat sedikit dan mereka digabungkan ke dalam kategori Umum.
3. Keputusan pemenang lomba ini bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat, namun apabila di kemudian hari, karya para pemenang tersebut merupakan hasil plagiat (sebagian atau seluruhnya), maka dewan juri berhak menggugurkan kemenangannya dan sang pemenang berkewajiban mengembalikan segala hadiah dan piagam penghargaan yang telah diberikan.
4. Hadiah berupa Trophy Bawaslu, tabungan pembinaan, buku-buku, sertifikat kejuaraan, dan kenang-kenangan dari sponsor akan dikirimkan langsung kepada para pemenang setelah melalui verifikasi identitas yang bersangkutan. Mengenai teknis pelaksanaannya, setiap pemenang segera akan dihubungi oleh panitia lomba melalui email dan/atau jejaring sosial, SMS, maupun per telepon.
5. Seluruh peserta, termasuk yang artikelnya tidak diikutkan dalam lomba ini, akan mendapatkan piagam penghargaan keikutsertaan lomba. Pengiriman piagam akan dilakukan segera melalui email masing-masing peserta yang ada di data base panitia lomba. Bagi peserta yang telah mengganti alamat emailnya, mohon informasikan ke panitia melalui email: panitia.ppwi.presiden@gmail.com atau panitia.ppwi.dpr@gmail.com atau melalui facebook ( ppwi.nasional@gmail.com), dengan menuliskan nama lengkap, alamat email yang baru, dan judul serta nomor artikel sesuai yang ditayangkan di situs KOPI.
Dan, akhirnya para dewan juri yang terdiri atas Wilson Lalengke (Ketua Umum PPWI), Supadiyanto (Dosen AKRB, UIN Sunan Kalijaga dan Kolumnis berbagai surat kabar), Mung Pujanarko (Dosen komunikasi dan jurnalistik Universitas Djuanda dan Universitas Jayabaya), Muhammad Subhan (Novelis dan jurnalis), dan Imam Suwandi (Penulis buku dan produser berita Metro-TV), pada hari ini, Rabu, 15 Agustus 2012 pukul 12.00 WIB memutuskan dan sekaligus menetapkan para pemenang Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan dan Kriteria Anggota DPR Masa Depan sebagaimana nama-namanya tercantum di bawah ini.
A. Pemenang Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Presiden Indonesia Masa Depan, sebagai berikut:
Kategori Siswa/Pelajar (S):
JUARA I: Reyhan Alqadrie, dengan artikel berjudul: "Kearifan Lokal untuk Sosok Presiden Ideal (487/S)", yang meraih total nilai 93.
JUARA II: Joshua Simanungkalit, dengan artikel berjudul: "Secangkir Kopi untuk Presiden (338/S)", yang meraih total nilai 90,8.
JUARA III: Dinda Nadia Suhaila, dengan artikel berjudul: "Kriteria Menjadi Orang Nomor Satu (443/S)", yang meraih total nilai 87,5.
JUARA HARAPAN I: Dahlia, dengan artikel berjudul: "Sosok yang Didambakan Bangsa (272/S)", yang meraih total nilai 86,6.
JUARA HARAPAN II: Abdurrahim Budiman Wicaksono, dengan artikel berjudul: "Calon Presiden RI Masa Depan Seperti Superhero (502/S)", yang meraih total nilai 83,7.
Kategori Mahasiswa (M):
JUARA I: Yusman Alharis, dengan artikel berjudul: "Who Is The Next Soekarno? (121/M)", yang meraih total nilai 94.
JUARA II: Arie Hendrawan, dengan artikel berjudul: "Indonesia Butuh Pemimpin yang Progresif (553/M)", yang meraih total nilai 93,5.
JUARA III: Yulia Fitriani, dengan artikel berjudul: “Pemimpin yang Ideal (543/M)", yang meraih total nilai 90,8.
JUARA HARAPAN I: Pradita Arisgi W, dengan artikel berjudul: "Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)", yang meraih total nilai 88,4.
JUARA HARAPAN II: Natalia Christiani Maloringan, dengan artikel berjudul: "12 Hal Wajib yang Dimiliki Calon Presiden 2014 (588/M)", yang meraih total nilai 86,2.
Kategori Guru/Dosen (G):
JUARA I: Mohammad Ali Andrias, dengan judul artikel: "Mencari Sosok Ideal Presiden Masa Depan Indonesia (52/G)", yang meraih total nilai 95.
JUARA II: Robinson Elohansen, S.Pd, dengan judul artikel: "Ini Dia, 12 Kriteria yang Harus Dimiliki Calon Presiden Republik Indonesia (62/G)" yang meraih total nilai 89,8.
JUARA III: Nasin Elkabumaini, dengan judul artikel: "Kudambakan Presidenku Laksana Nabiku (115/G)", yang meraih total nilai 89,4.
JUARA HARAPAN I: Neto Kosboyo, S.Pd, dengan judul artikel: "Kriteria Presiden Impianku (197/G)", yang mariah total nilai 88,7.
JUARA HARAPAN II: Ruby Supriadi, dengan judul artikel: "Pemenang bagi Rakyat Indonesia (94/G)", yang mariah total nilai 88,6.
Kategori Umum/Penulis/Wartawan (U):
JUARA I: Voni Susanto, dengan artikel berjudul: "Karakter Pilihan untuk Sang Presiden Idaman (248/U)", yang meraih total nilai 94,1.
JUARA II: Sugiarti, dengan artikel berjudul: "‘Hero’ Impian Indonesia (87/U)", yang meraih total nilai 91.
JUARA III: Ahmad Mukrim, dengan artikel berjudul: "Teladan Presiden Muda 2014 (183/U)", yang meraih total nilai 90,5.
JUARA HARAPAN I: Salmia, dengan artikel berjudul: "Kiat Memilih Presiden 2014-2019 (274/U)", yang meraih total nilai 86.
JUARA HARAPAN II: Hairun Noor, dengan artikel berjudul: "Figur Presiden Masa Depan (26/P)", yang meraih total nilai 84,5.

B. Lomba Menulis Tingkat Nasional tentang Kriteria Anggota DPR Masa Depan, sebagai berikut:
Kategori Siswa/Pelajar (S):
JUARA I: Neva Arsita, dengan artikel berjudul: "Menanti Sosok Seorang Bung Hatta di Kursi DPR-RI (177/S)", yang meraih total nilai 91,9.
JUARA II: Septia Milanda, dengan artikel berjudul: "Karakter Pemimpin Masa Depan (212/S)", yang meraih total nilai 89,5.
JUARA III: Melati Mewangi, dengan artikel berjudul: "Ragam Sudut Pandang Satu Keputusan (174/S)", yang meraih total nilai 87,9.
JUARA HARAPAN I: A. Muh. Fais Wahid, dengan artikel berjudul: "Mensejahterakan Rakyat dengan Anggota DPR Pilihan dan Berkualitas (2/S)", yang meraih total nilai 86,1.
JUARA HARAPAN II: Safinatun Najah, dengan artikel berjudul: "Mampukah Aku Menjadi Teladan? (220/S)", yang meraih total nilai 84,3.
Kategori Mahasiswa (M):
JUARA I: Marina Galuh Kirana, dengan artikel berjudul: "DPR Sehat, Indonesia Selamat (314/M)", yang meraih total nilai 95.
JUARA II: Maulvi Charisma Agung, dengan artikel berjudul: "Anggota DPR Harapan Bangsa (1/M)", yang meraih total nilai 92,4.
JUARA III: Yoni Elviandri, dengan artikel berjudul: "Menjadi Dewan yang Mewakili Rakyat (241/M)", yang meraih total nilai 87.
JUARA HARAPAN I: Dimas Adiputra, dengan artikel berjudul: "Calon Anggota DPR yang Layak Dipilih (169/M)", yang meraih total nilai 86,1.
JUARA HARAPAN II: Erni Pornawati, dengan artikel berjudul: "Dewan yang Bermartabat (285/M)", yang meraih total nilai 80,7.
Kategori Guru/Dosen (G):
JUARA I: Ajib Hasbi Ashshiddiq, judul artikel: "12 Profil Anggota DPR Masa Depan (72 G)", yang meraih total nilai 90.
JUARA II: Riyani Tahir, dengan judul artikel: "Lembaran Baru Album DPR (19/G)", yang meraih total nilai 87,9.
JUARA III: Duloh Suherman, dengan judul artikel: "Mengkongkritkan Keseriusan Rakyat dalam Pemilu (45/G)", yang meraih total nilai 85,4.
JUARA HARAPAN I: Fery Irianto Setyo Wibowo, S.Pd, dengan judul artikel: "Aku Merindukan Anggota Dewan yang Merakyat (173/G)", yang meraih total nilai 84,5.
JUARA HARAPAN II: Berliana Siregar, dengan judul artikel: "Kepribadian dan Sikap yang Dicari dari Anggota DPR Masa Depan (143/G)", yang meraih total nilai 84.
Kategori Umum/Penulis/Wartawan (U):
JUARA I: Jafaruddin, dengan artikel berjudul: "Mengembalikan Tupoksi DPR (292/P)", yang meraih total nilai 88,7.
JUARA II: Adrianus, dengan artikel berjudul: "SOSOK DPR IDEAL: Dicari atau Dibentuk? (183/U)", yang meraih total nilai 88,4.
JUARA III: Stevie Leonard Harison, dengan artikel berjudul: "Menuju Kedigdayaan Legislatif Indonesia (74/U)", yang meraih total nilai 86,5.
JUARA HARAPAN I: Eni Susilawati, dengan artikel berjudul: "Analogi Sifat Pandawa Lima dalam Seorang Anggota DPR Masa Depan (119/U)", yang meraih total nilai 85,6.
JUARA HARAPAN II: Dyah Triasih, dengan artikel berjudul: "Karakteristik DPR Harapan Rakyat (306/U)", yang meraih total nilai 85.
Kepada seluruh Pemenang kami ucapkan selamat. Segera setelah pemuatan publikasi ini, seluruh pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui email, dan per telepon untuk pengaturan dan pengiriman hadiah ke alamat masing-masing. Mohon berhati-hati jika ada pihak yang menghubungi Anda dan meminta sejumlah dana dalam kaitan kegiatan lomba ini.
Demikianlah pengumuman ini disampaikan dan dipublikasikan agar seluruh peserta lomba dan masyarakat umum menjadi maklum adanya. Terima kasih.

Jakarta, 15 Agustus 2012
Hormat kami,
Dewan Juri:
Wilson Lalengke, SPd, M.Sc. MA
Supadiyanto, S.Sos.I. (S.Kom. I.), M.I. Kom (cand.)
Mung Pujanarko, S.Sos.
Muhammad Subhan
Imam Suwandi, S.Sos
Sumber image: google.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar